Manfaat dan kandungan daun kelor

Manfaat daun kelor bagi kesehatan tidak perlu diragukan lagi. Tanaman ini memang sudah lama dikenal sebagai tanaman herbal yang baik untuk menjaga tekanan darah hingga mencegah kanker. Tak hanya itu, daun kelor ternyata memiliki beragam manfaat lainnya.

Daun kelor (Moringa oleifera) merupakan tanaman tropis yang sejak lama telah dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional. Tanaman ini dapat dikenali dari bentuk daunnya yang berukuran kecil. Pohon kelor juga mudah tumbuh dan bisa hidup di tanah yang tidak terlalu subur.

Hampir seluruh bagian dari tanaman ini bisa dimakan atau dijadikan ramuan obat herbal tradisional. Di negara Barat, daun kering dijual sebagai suplemen makanan, baik dalam bentuk bubuk maupun kapsul.

Menurut Yusman, kandungan vitamin A di daun kelor lebih banyak dari wortel. Kadar kalsiumnya juga empat kali lebih banyak dari susu.

“Kaliumnya juga tiga kali lebih banyak dari pisang dan kandungan protein dua kali lebih banyak dari telur,” ungkap Yusman seperti dilansir dari laman IPB, Sabtu (2/1).

Ketua Dewan Guru Besar IPB, Evy Damayanthi memiliki pandangan yang sama. Dia mengaku kandungan gizi daun kelor tidak terbantahkan lagi.

Daun kelor bahkan banyak digunakan dalam program-program pengentasan masalah gizi. Daun kelor juga sudah sangat akrab dengan masyarakat Indonesia.

Kandungan nutrisi daun kelor

Dirangkum dari laman Healthline, daun kelor merupakan sumber vitamin dan mineral yang sangat baik. Satu cangkir daun cincang segar seberat 21 gram mengandung sejumlah zat yang bermanfaat untuk tubuh, di antaranya:

  • Protein: 2 gram
  • Vitamin B6: 19% dari RDA (Recommended Daily Allowance) atau rekomendasi angka kecukupan yang dianjurkan. 
  • Vitamin C: 12% dari RDA
  • Besi: 11% dari AKG
  • Riboflavin (B2): 11% dari RDA
  • Vitamin A (dari beta-karoten): 9% dari RDA
  • Magnesium: 8% dari RDA

Namun, ada satu sisi, daun kelor juga mengandung antinutrien yang tinggi dan dapat mengurangi penyerapan mineral dan protein. 

Manfaat daun kelor
1. Kaya Antioksidan

Sebuah penelitian menemukan bahwa daun kelor terlihat dapat menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan efektivitas kerja hormon insulin. Manfaat ini baik untuk mencegah diabetes dan terjadinya resistensi insulin.

Akan tetapi, manfaat daun kelor sebagai pengobatan diabetes pada manusia masih perlu diteliti lebih lanjut.

Tanaman kelor kaya akan antioksidan. Antioksidan adalah senyawa yang bekerja melawan radikal bebas di tubuh. 

Kadar radikal bebas yang tinggi dapat menyebabkan stres oksidatif, yang berhubungan dengan penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2. 

Selain itu, antioksidan yang kuat juga dapat membantu menurunkan tekanan darah. Ekstrak daun kelor juga dapat digunakan sebagai pengawet makanan, sehingga meningkatkan umur simpan daging dengan mengurangi oksidasi. 

2. Menurunkan kadar gula darah

Gula darah tinggi bisa menjadi masalah kesehatan yang serius seperti diabetes. Seiring waktu, kadar gula darah yang tinggi meningkatkan risiko banyak masalah kesehatan yang serius, termasuk penyakit jantung. 

Untuk itu, penting untuk menjaga gula darah Anda dalam batas yang sehat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun kelor dapat membantu menurunkan kadar gula darah yang dikaitkan dengan senyawa isothiocyanate dalam tanaman tersebut.  

Namun, sebagian besar bukti didasarkan pada penelitian pada hewan. Hanya ada sedikit penelitian berbasis manusia. 

3. Menurunkan kolesterol

Memiliki kolesterol tinggi dapat meningkatan risiko penyakit jantung.

Baik penelitian pada hewan dan manusia telah menunjukkan bahwa kelor mungkin memiliki efek penurun kolesterol.  

4. Mencegah kanker

Sementara dikutip dari WebMD, dalam tes laboratorium menyatakan ekstrak daun kelor mampu memperlambat pertumbuhan sel kanker pankreas dan membantu kemoterapi bekerja lebih baik. 

Studi laboratorium lain menunjukkan bahwa daun, kulit kayu, dan akar kelor memiliki efek anti kanker yang bisa berpotensi menjadi obat baru bagi kanker.

5. Mengatasi peradangan

Peradangan merupakan respons alami tubuh terhadap infeksi atau cedera. Namun, Anda bisa mengonsumsi daun kelor untuk meredakan peradangan yang dialami. Ekstrak daun kelor dipercaya mengandung zat yang dapat mengurangi peradangan.

6. Mengontrol tekanan darah

Daun kelor banyak mengandung kalium dan antioksidan. Berkat kandungan tersebut, tanaman ini diketahui bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan menjaganya tetap stabil sehingga dapat mencegah hipertensi.

7. Memelihara kesehatan dan fungsi otak

Kandungan antioksidan di dalam daun kelor juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan fungsi otak. Beberapa riset menunjukkan bahwa asupan antioksidan yang tercukupi dapat menurunkan risiko penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson.

Daun kelor juga dipercaya baik untuk mendukung kinerja otak dan meningkatkan memori.

Asi Booster Mom Uung mengandung ekstrak daun kelor yang memiliki manfaat membantu mengisi nutrisi yang hilang untuk kebutuhan bayi.

Manfaat dan kandungan daun kelor

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll to top